Senin, 12 Desember 2011

Mengamankan File di Komputer Dari Drive External yang Terserang Virus

Bosan juga ya membahas tentang virus lagi…virus lagi, kayaknya virus tak henti-hentinya terus menyerang komputer dan yang biasanya masuk melalui drive external.  Drive external lebih sering rawan mudah terkena virus apalagi kalau drive external sering keluar masuk pada setiap komputer baik itu komputer pribadi maupun komputer umum seperti warnet. Pada komputer umum seperti warnet atau komputer orang lain kesempatan terserang virus lebih  mudah dan cepat. Supaya virus yang telah menyerang drive diluar komputer seperti flasdisk, harddisk external, CD-ROM dll tidak menyebar kekomputer, sebaiknya pada saat mencolokkan drive tersebut kedalam komputer matikan fitur autoplay terlebih dahulu. Biasanya virus menyebar melalui fasilitas autoplay yang ada di windows. Berikut ini cara mengamankan file di komputer dari drive yang terkena virus :
1. Pertama masukan flasdiks bersamaan dengan menekan tombol shift sampai flasdiks terdeteksi di windows.
2. Langkah selanjutnya buka my document, hindari dobel klik drive flasdiks pada saat membukanya karena dikhawatirkan flasdiks terinfeksi virus. Sebab klik pada flasdiks yang terinfeksi virus fitur autoplay akan aktif. 3. Pada flasdiks yang bersih, dobel klik akan menjalankan fitur open bukan autoplay
4. Klik kanan drive flasdiks dan lihat apakah terdapat autoplay, kita perlu hati-hati sebab boleh dibilang flasdiks kita terinfeksi virus. Sebaiknya scan terlebih dahulu sebelum membuka drive flasdiks.
5. Jika flasdiks dirasa sudah aman, sebaiknya tetap waspada dengan tidak membuka flasdiks dengan cara dobel klik karena dikhawatirkan antivirus yang kita gunakan belum terupdate untuk itu langkah amannya adalah dengan klik kanan > explore.
6. Untuk lebih amannya sebaiknya kita juga memperhatikan ekstensi file yang akan kita buka, perlu diwaspadai apabila terdapat file yang berekstensi .exe. File yang tidak sesuai antara tipe dengan ekstensinya seperti pada word, power point dll, file yang terhidden, file yang memiliki nama aneh. Untuk itu sebaiknya tampilkan file-file yang terhidden dan ekstensi file tsb.
7. Pada toolbar windows klik tool > folder options > view > kemudian centang show hhiden for known file types, hilangkan centang pada hide extensions for known file types dan hilangkan juga centang pada hide protected operating system files. Jika muncul peringatan klik YES > OK.
8. Perhatikan nama file dan ekstensinya.
9. Semoga cara ini bermanfaat dan membantu anda.

Tidak ada komentar: