Selasa, 03 Januari 2012

Ketika Hujan Terus Mengguyur, Apa yang Terjadi?

Segala sesuatu yang kekurangan dan berlebihan itu tidak baik, yups bener banget contohnya saja ketika kita makan kebanyakan pasti perut menjadi sakit begitu juga ketika kurang makan juga perut sakit, yang baik yaitu yang sedang-sedang saja alias cukup. Nah begitu juga ketika hujan terus mengguyur bumi tercinta kita ini di bulan akhir tahun 2011 sampai sekarang ini. Sebenarnya hujan itu anugerah atau musibah ? Ketika hujan terus mengguyur sehingga menyebabkan kebanjiran, menyebabkan petani gagal panen, mendatangkan banyak virus-virus penyakit seperti flu dan batuk, bagi yang daya tahan tubuhnya lemah siap-siap saja ketika virus ini datang.

Ngomong-ngomong tentang sakit flu dan batuk, meskipun sudah berusaha untuk menjaga agar daya tahan tubuh tetap kuat dan tidak mudah sakit tapi tetap saja yang namanya penyakit tiba-tiba saja datang meskipun tak di undang. Penyakit musiman itu sungguh menyebalkan pasti tak satupun orang yang ingin di hinggapinya. Selain bikin sakit tubuh kita tapi juga sangat mengganggu aktivitas kita. Semua aktivitas yang dilakukan menjadi tidak bisa konsentrasi. Kita semua pasti berharap semoga penyakit musiman tersebut bisa dimusnahkan dari muka bumi ini. Apakah anda setuju dengan pernyataan saya?

Sekarang kita kembali lagi kemasalah hujan dimana memiliki dampak positif dan negatif, untuk dampak positifnya yaitu banyak sekali yaitu ketika pohon-pohon mengalami kekeringang, layu dan hingga akhirnya banyak yang mati dikala musim kemarau maka ketika musim hujan datang pohon-pohon menjadi hidup dan segar kembali. Sama halnya juga dengan binatang-binatang yang ada dihutan, saat musim kemarau mereka banyak yang mati karena kelaparan karena hutan yang mereka tempati banyak yang mati dan layu sehingga secara otomatis makanan yang mereka dapatkan dari hutan juga menjadi sukar didapatkan. Dampak positif lainnya yaitu sumber mata air yang sebelumnya kering kerontang maka ketika hujan datang menjadi tergenang kembali, sawah dan ladang yang tandus kini menjadi subur kembali karena adanya hujan sehingga para petani bisa bercocok tanam kembali.

Ketika hujan terus mengguyur dan menyebabkan hal-hal yang tidak di inginkan seperti dampak negatifnya, sebenarnya bukan sepenuhnya dampak negatif tersebut itu dari alam tapi juga penyebabnya oleh ulah manusia itu sendiri, seperti merusak alam, efek global warming, membuang sampah sembarangan sehingga menyebabkan aliran air tidak lancar ketika hujan besar datang yang akhirnya banjir, dll. Agar semua dampak negatif tersebut tidak melandai dan bisa terhindar maka marilah kita semua berusaha untuk menjaga kebersihan seperti membuang sampah ditempatnya bukan membuang dikali seperti yang dilakukan oleh masyarakat pada umumnya, menanam pohon dan tidak menebang hutan secara liar, ramah lingkungan dll. Semuanya di mulai dari diri sendiri, tindakan kita mengubah segalanya.

Tidak ada komentar: